Monday, October 24, 2016

Bagaimana Sih Menjaga Hubungan Yang Baik?

Banyak pasangan suami istri yang kurang, bahkan enggan memperlihatkan perasaan sayangnya secara terang-terangan kepada pasangannya. Banyak yang menjalani kehidupan pernikahan seperti halnya bekerja, membayar tagihan, mengantar pasangan ke dokter, dan lainnya.

Bila kita ingin hubungan pernikahan menjadi istimewa langgeng dan bahagia, maka jangan lakukan rutinitas sehari-hari hanya sebagai suatu kewajiban. Tetapi berikanlah perhatian lebih kepada pasangan, dengarkan dengan penuh perhatian apa yang dikatakannya.

Kasih sayang dan cinta antara suami istri yang disertai sikap menghormati dan menghargai memang harus dijaga dan pupuk agar bisa tumbuh dengan baik dalam hubungan keluarga yang ingin menciptakan keluarga sakinah mawaddah warahmah dalam rumahnya.

Baik suami maupun istri membutuhkan penghargaan diri yang datang dari pasangannya. Bukan berarti Anda gila hormat atau berharap bisa dihormati layaknya raja atau ratu. Bukan seperti itu maksudnya. Jika Anda bisa Menghormati dan menghargai pasangan Anda dalam keadaan apa pun, mereka akan merasa bahwa mereka benar benar dicintai dan diistimewakan.

Dengan demikian, pasangan Anda pun akan memperlakukan sikap yang sama kepada Anda. Sehingga pertengkaran dan percekcokkan dapat dihindari.

Berbahasa dengan lebih sopan ke pasangan adalah cara sederhana yang mudah diterapkan sehari-hari untuk menunjukkan penghargaan dan penghormatan ke pasangan kita. Dan dengan berbahasa halus, kita juga lebih bisa untuk menahan emosi atau mengungkapkannya bukan dengan cara kasar yang mungkin malah akan melukai perasaan pasangan.

Pastinya cara masing-masing pasangan untuk saling menunjukkan penghargaan bisa berbeda-beda. Ada yang dengan selalu berpamitan kemana pun akan pergi, saling memberi kabar apa yang akan dan sedang dilakukan, saling mengingatkan soal makan, istirahat dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara menghargai pasangan dalam hubungan suami istri itu? Berikut beberapa cara dan tips menghormati menghargai istri dan sebaliknya cara menghormati suami antara lainnya :

Menghormati pasangan di depan orang lain

Anda dan pasangan tentu akan senang jika diperlakukan dengan baik di mana pun Anda berdua berada seperti di tempat umum. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak berkata kasar, mengkritik atau merendahkan pasangan di depan teman-teman atau keluarga lainnya.

Istri bukanlah pembantu rumah tangga

Banyak suami menganggap bahwa kerja-kerja rumah adalah tanggungjawab seorang isteri seratus persen. Padahal dalam Islam sendiri tidak ada hukum yang mengatakan bahwa isteri wajib melakukan kerja-kerja rumah.

Hanya saja, ajaran Islam mengatakan bahwa wanita yang telah menikah taat dengan suami dan Tuhannya, menjaga harta benda suami dengan sebaik mungkin akan dijamin masuk surga. Itu saja. Atas jaminan inilah banyak wanita mengerti dengan kerja-kerja rumah yang mereka lakukan selama ini.

Selalu libatkan pasangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut rumah tangga

Berkonsultasilah terlebih dahulu bersama pasangan dalam pengambilan keputusan penting, dengan begitu pasangan akan merasa bahwa pendapatnya juga dibutuhkan.

Ingat hari lahir dan tanggal pernikahan pasangan

Manusia memang suka dihargai dan dikejutkan dengan pemberian hadiah oleh siapa saja apalagi dari orang yang disayanginya. Jika suami adalah orang yang perhatian dan menyayangi isterinya, apa salahnya jika dia memberikan hadiah khusus kepada isterinya.

Hadiah tidak perlu mahal. Cukup dengan hal yang disukai istri ataupun pemberian langsung dari suami. Jika ‘budget’ kita tidak mencukupi, sekuntum bunga pun sudah memadai, bahkan senyum dari sang suami pun akan terasa sangat indah.

Hati isteri akan tersentuh dengan pemberian hadiah dan lebih terharu jika kita sempat menulis sepatah dua patah kata penghargaan di dalamnya, seperti “terima kasih” atas segala pengorbanan sayang selama ini atau ungkapan lainnya.

Suami memberi nafkah kepada istri

Istri berhak atas uang nafkah untuk dipakai untuk melayani keluarga. Jika Anda tidak memberi istri nafkah, bukan hanya Anda tidak menghargai istri justru kehormatan Anda sebagai suami hilang.

Ciuman sayang untuk sang istri

Coba anda tanya diri sendiri kapan kali terakhir anda mencium dahi isteri anda ketika dia istirahat setelah begitu capek bekerja. Tahukah anda ciuman anda di dahi atau kucupan saying di bibirnya dapat menghilangkan segala kepenatan dan tekanan pada dirinya pada hari itu. Begitulah kuatnya kuasa ciuman suami kepada isteri.

Berikan pujian kepada istri

Jangan dikira memberikan pujian kepada isteri dengan mengatakan dia cantik, manis, sholehah dan ucapan manis lainnya itu hal yang sepele. Pujian ini penting untuk menaikkan semangat isteri tatkala semangatnya hilang dan kendur.

Memang wajar isteri kita penat, jika dia harus bangun di awal pagi untuk memastikan semuanya beres demi kemudahan suami dan anak-anaknya. Lalu tidur pun paling malam karena sibuk menyediakan persiapan untuk esok harinya.

Tidak membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain apapun alasannya

Mengatakan bahwa orang lain lebih baik, lebih menarik, lebih perhatian atau menonjolkan kelebihan pasangan dari orang lain itu sama saja Anda menghina pasangan Anda secara tidak langsung dan sama sekali tidak menghargainya.

Memenuhi tanggung jawab bersama

Jika Anda dan pasangan Anda ingin saling menghargai, Anda harus memenuhi tanggung jawab bersama. Ini artinya lebih dari sekedar meminta maaf pada saat Anda melakukan kesalahan, tetapi selalu menyadari setiap kali Anda bersikap tidak menghargai pasangan Anda, dan Anda juga tahu bahwa pasangan Anda sadar akan sikapnya yang tidak menghargai Anda.

Selama Anda berdua memiliki kesadaran dan mengerti apa artinya tidak saling menghargai dan mau bertanggung jawab atas tindakan Anda, maka Anda akan mempunyai hubungan yang bertahan lama dan berhasil.

The post Bagaimana Sih Menjaga Hubungan Yang Baik? appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2eyfuL4
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment