Monday, October 24, 2016

Bagaimana Sih Mencari Kebenaran Informasi?

Pada era digital, kita bisa mendapat informasi dengan sangat mudah. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mendapat informasi, mulai dari membuka situs berita sampai membuka media sosial. Namun tidak semua informasi yang beredar itu valid, karena ada saja ulah oknum tidak bertanggung jawab yang menyebarkan informasi hoax. Oleh karena itu kita tidak boleh menjadi genarasi ompong yang langsung menelan informasi tanpa mengunyahnya terlebih dahulu.
Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui informasi yang kita terima itu benar atau salah ?
Berikut saya berikan 5 langkah jitu mencari kebenaran informasi.
 
 
 
1. Baca Informasinya
 
Yah udah jelas dong. Kalau kamu pengen nyari tau informasi yang kamu terima itu benar atau salah, kamu harus baca dulu informasinya. Kalau gak baca, gimana kamu bisa tau isi informasinya ?
2.Gunakan Akal dan Pikiran
 
 
 
Manusia diciptakan dengan akal dan pikiran pasti ada tujuannya. Salah satunya untuk membedakan mana info yang benar dan mana yang ngaco. Kamu harus bisa menggunakan akal dan pikiran kamu saat membaca suatu informasi. Setelah selasai membaca,coba tanya sama diri kamu sendiri dengan pertanyaan seperti ini , “Ah masa iya begini ?” “Ini bener gak sih ?” “Hmmm ini kok aneh ya ?” . Nah setalah kamu bertanya pada dirimu sendiri, kini saatnya untuk…
 
3. Cari Jawabannya
 
 
 
Setiap pertanyaan tentu harus ada jawabannya. Termasuk juga pertanyaan yang tadi kamu buat. Cara yang paling mudah untuk menjawab pertanyaan kamu adalah dengan memanfaatkan google. Kamu tinggal mengetik informasi apa yang ingin kamu ketahui kebenarannya. Sebagai contoh, kamu ingin mengetahui apakah menghirup kentut itu bikin sehat atau tidak. Kamu tinggal ketik di google, “Benarkah Hirup Kentut Bikin Sehat ?” .Setelah itu akan muncul banyak website dan blog sebagai sumber informasi yang membahas hal itu. Namun tidak cukup sampai disitu. Ada hal lain yang harus kamu lakukan setelah menemukan sumber informasi, yaitu…
 
4. Bandingkan Sumber
 


 
Setelah kamu mendapat satu sumber jangan langsung berpuas diri. Kamu harus mencari sumber lainnya, dan ingat jangan hanya mencari sumber yang pro, tapi cari juga yang kontra. Setelah itu bandingkan sumber yang pro dan yang kontra. Kalau perlu bandingkan juga refrensi dari masing – masing sumber. Setelah kamu membandingkannya, maka kamu sudah bisa untuk…
5.Menarik Kesimpulan



Setelah membandingkan berbagai sumber. Kamu bisa menyimpulkan apakah informasi yang kamu terima itu benar atau tidak, tentunya berdasarkan fakta dan data yang telah kamu dapat dari hasil penelusuranmu.

The post Bagaimana Sih Mencari Kebenaran Informasi? appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2dCtQKv
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment