Wednesday, October 19, 2016

Menpan RB Instruksikan Adopsi SOTO LA

Lamongan, (19/10/2016) halodunia.net – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Asman Abnur melakuan Sidak ke Polres Lamongan terkait dengan Program Aplikasi Pelayanan Publik berbasis IT dan melihat langsung bagaimana cara kerja dari aplikasi SOTO LA ini. Rupanya MenPan RB tertarik dengan Soto Lamongan (Sistem Operasional Terpadu Online) Aplikasi pelayanan publik berbasis IT.

img-20161019-wa0029

Dalam kesempatan ini, Wakapolres Lamongan Kompol A. Mukti S.A.S S.H., S.I.K., M.Si menjelaskan selain memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Lamongan, aplikasi ‘Soto Lamongan’ ini juga memberikan akses CCTV kepada pemakai aplikasi untuk mengetahui kondisi terkini dimana CCTV tersebut dipasang.

Kompol A. Mukti juga mengungkapkan, selain 60 CCTV yang bisa diakses oleh pengguna, ‘Soto Lamongan’ juga punya akses langsung ke sel di Lapas Lamongan dan di beberapa lokasi strategis lainnya.

Sebelum ke Mapolres Lamongan, Asman Abnur juga sempat mendatangi kantor Samsat Lamongan. Di kantor Samsat Lamongan, MenPAN RB, Asman Abnur menanyakan mengenai sejumlah inovasi yang sudah dilakukan oleh Samsat Lamongan.
“Kalau ada daerah-daerah lain yang mau studi banding, tidak perlu. Langsung tiru saja aplikasi Soto Lamongan ini, “ ucap Asman Abnur usai meninjau pelayanan Polres Lamongan di CCTV Monitoring Centre, Rabu (19/10). Sebelumnya Menpan RB juga sempat melihat pelayanan di Samsat Lamongan.

img-20161019-wa0035

Asman Abnur tertarik dengan aplikasi Soto Lamongan setelah melihat dalam peresmian pelayanan berbasis on line Mabes Polri di Sidoarjo di Sidoarjo 1 September lalu.

“Pak Kapolres nanti pada 26 hingga 27 Oktober akan kami ajak ke Bandung untuk presentasi program Soto Lamongan. Pelayanan seperti inilah yang harus dimiliki Indonesia, bukan pelayanan yang karena dibayar, “ ujarnya. Kemenpan dan RB memiliki agenda Forum Nasional Inovasi Pelayanan Publik di Bandung pada 26 hingga 27 Oktober.

Menurut Asman Abnur pelayanan seperti Soto Lamongan akan bisa menghilangkan pungli. Karena masyarakat yang ingin mengakses pelayanan Polres Lamongan tidak perlu lagi harus melengkapi persyaratan ini dan itu, tinggal pencet nomor dan petugasnya siaga 24 jam.

Terkait pemberantasan pungli, Kemenpan RB sudah membuat surat edaran kepada seluruh kementerian dan lembaga, termasuk bupati dan walikota agar mengaktifkan satuan pengawasan internal, Inspektorat serta meminta Inpektorat agar bisa mengawasai (pelayanan) SKPD secara maksimum dan menjadi ujung tombak pengawasan.

Sementara Bupati Fadeli yang turut mendampingi kunjungan Asman Abnur mengaku bangga, aplikasi inovasi dari keluarga besar Polres Lamongan ternyata mendapat atensi besar dari Kemenpan RB.

“Petunjuk Pak Menteri, tidak perlu studi banding (aplikasi Soto Lamongan), langsung tiru, ini yang luar biasa, “ tambah Bupati.

Terkait layanan milik Pemkab Lamongan, sudah ada sejumlah layanan berbasis on line di masing-masing SKPD, seperti informasi pariwisata dan PBB. Kedepan, Bupati berencana menyatukan semua layanan itu dalam aplikasi sehingga semakin memberi kemudahan pada masyarakat dan tentu saja bisa mencegah pungli.

Aplikasi Soto Lamongan sendiri bisa diunduh secara bebas di penyedia layanan android. Aplikasi ini berisi laporan kehilangan, pengurusan SKCK, ijin keramaian, pengaduan, pemantauan kondisi lalu lintas dan rawan kejahatan melalui CCTV, serta layanan berita.

The post Menpan RB Instruksikan Adopsi SOTO LA appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2e0Il8W
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment