Saturday, October 29, 2016

Indonesia Siap Gelar Sidang Majelis Umum Interpol ke 85 Tahun 2016

Halodunia.net (29/10/2016) – Sejumlah Resolusi telah dihasilkan dari Sidang Umum Interpol Monaco sejak tanggal 3-7 November 2014. Dari beberapa resolusi tersebut diantaranya menekankan pada penguatan kerja sama dalam penanggulangan keamanan lingkungan, kejahatan kontemporer, terorisme, kejahatan terorganisir, dan cybercrime.

Melalui Sidang Umum ini juga telah terpilih Mr. J├╝rgen Stock, Vice President BKA Jerman, sebagai Sekretaris Jenderal INTERPOL menggantikan Mr. Ronald K. Nobel.

“konflik geopolitik, risiko kesehatan, ancaman lingkungan, terorisme, kejahatan transnasional teorganisir dan khususnya cybercime, merupakan tantangan yang tidak dapat ditangani sendirian oleh suatu negara”, ujar Jurgen dalam sambutannya.

Sementara itu, melalui tema Sidang Umum Interpol tahun ini ‘Turn Back Crime: 100 years of international police cooperation’, Sekretaris Jenderal Stock menyampaikan visinya untuk pengembangan organisasi kepolisian terbesar di dunia ini didasarkan pada 4 pilar yaitu core business, inovasi, kemitraan dan governance.

“Organisasi harus digunakan lebih intensif sebagai think tank polisi dunia dan mempromosikan dialog kreatif,” kata Stock.

Setelah Asia Airways bergabung dalam INTERPOL’s pioneering I-Checkit initiative sebagai bagian dari upaya meningkatkan keamanan perjalanan internasional, selanjutnya Qatar Airways menyusul menandatangani perjanjian dengan INTERPOL untuk menggunakan sistem I-Checkit untuk menskrining paspor penumpang melalui database dokumen perjalanan hilang atau curian. Dengan penggunaan I-Checkit ini dapat memudahkan dalam pelacakan para pelaku kejahatan dan tidak ada lagi tempat persembunyian yang aman bagi mereka di muka bumi ini.

Pada sesi terakhir, Sidang Umum juga mendeklarasikan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sidang Umum Interpol ke-85 pada tahun 2016. Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Drs. Sugeng Priyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungannya dan mengundang seluruh delegasi dari 190 negara anggota Interpol untuk menghadiri Sidang Umum tersebut.

The post Indonesia Siap Gelar Sidang Majelis Umum Interpol ke 85 Tahun 2016 appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2dY37n9
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment