Friday, October 28, 2016

Arsip Berita : Software CIS Permudah Polisi Melakukan Penyidikan

Proses penyidikan di Mapolres Surabaya Utara dijamin akan lebih cepat dan akurat. Sebab sudah ada software khusus yang memudahkan penyidik.

Software khusus yang diujicobakan pertama di Polres Surabaya Utara ini bernama Crime Investigation System (CIS). CIS adalah sebuah software telah terprogram di seluruh unit komputer yang ada di markas polisi. Dengan CIS, pemeriksaan bisa lebih cepat dan akurat, ujar Kapolda Jatim Irjen Herman S Sumawiredja, kepada wartawan saat meresmikan penggunaan CIS di Mapolres Surabaya Utara, Jalan Bubutan, Selasa (22/4).

Kecepatan dan keakuratan CIS, kata Herman, tertunjang oleh adanya database atau bank pertanyaan yang sudah diinput ke dalam software itu. Bank pertanyaan itu terisi 10.000 data pertanyaan dari segala tindak pidana hukum itu bisa digunakan para penyidik untuk memeriksa baik tersangka maupun saksi. Namun, meski sudah memiliki bank pertanyaan, bukan berarti penyidik tidak boleh mengemukakan pertanyaan yang tidak terdapat dalam bank pertanyaan.
Fleksibel aja, anggota bebas saja bertanya meski pertanyaan itu tak ada dalam bank pertanyaan, tambah Herman.
Selain bank pertanyaan dan fitur-fitur standar, software ini juga dilengkapi dengan kamus istilah kepolisian, ensiklopedia, dan fasilitas chatting sehingga antar penyidik bisa saling mengkoreksi dan mengingatkan.
Sayangnya sistem ini sifatnya masih hanya terbatas di lingkungan Polres Surabaya Utara saja. Namun ke depannya, tambah Herman, semua polres hingga polda akan terkoneksi.
Diakui Herman, hal terberat dalam pelaksanaan sistem ini adalah pada pengadaan perangkatnya yang membutuhkan biaya sedikitnya Rp100 – Rp200 juta. \”Tetapi yang membanggakan adalah hak cipta software tersebut ada pada Polda Jatim,\” imbuh Herman.

Sumber : pelita.or.id

The post Arsip Berita : Software CIS Permudah Polisi Melakukan Penyidikan appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2dTCzDF
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment